• Karyawan perbankan: Semua karyawan dalam lingkungan perbankan, terutama yang berhubungan langsung dengan proses operasional, layanan pelanggan, dan manajemen risiko, perlu mengikuti pelatihan pencegahan fraud. Mereka adalah ujung tombak dalam mengidentifikasi dan melawan aktivitas penipuan.
  • Tim keamanan informasi: Tim keamanan informasi dalam bank bertanggung jawab atas mengawasi sistem keamanan teknologi informasi, deteksi intrusi, dan melindungi data sensitif perbankan. Pelatihan ini akan membekali mereka dengan pengetahuan tentang ancaman keamanan dan taktik penipuan terbaru.
  • Manajemen risiko: Tim manajemen risiko bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi potensi risiko, termasuk risiko fraud, dalam operasi bank. Pelatihan akan membantu mereka dalam mengembangkan strategi pencegahan dan pengelolaan risiko fraud.
  • Tim audit internal: Tim audit internal bertugas untuk melakukan audit dan evaluasi independen atas kebijakan, prosedur, dan kepatuhan perbankan. Pelatihan akan membantu mereka dalam mengaudit dan menilai efektivitas sistem pencegahan fraud yang ada.
  • Pengawas/regulator: Badan pengawas/regulator yang mengawasi industri perbankan juga perlu mengikuti pelatihan pencegahan fraud. Pengetahuan mereka tentang taktik penipuan dan praktik terkini akan membantu mereka dalam menilai kepatuhan bank dan mengidentifikasi potensi pelanggaran.
  • Pelatihan pencegahan fraud ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan para pihak terkait dalam mengatasi ancaman penipuan yang terus berkembang dalam industri perbankan.

Berikut ini adalah Fakta Mengenai Pencegahan Fraud Dalam Perbankan :

“Pelatihan pencegahan fraud dalam perbankan adalah program pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan strategi kepada karyawan, manajemen, dan pihak terkait dalam industri perbankan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan mengatasi tindakan penipuan yang terjadi di dalam lingkungan perbankan. Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pemahaman mendalam mengenai berbagai jenis penipuan yang sering terjadi, taktik dan metode yang digunakan oleh para pelaku fraud, serta cara-cara efektif untuk mengurangi risiko dan merespons situasi penipuan dengan tepat dan efisien. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta akan lebih siap dan waspada dalam menghadapi ancaman fraud yang terus berkembang dan meningkatkan keamanan serta integritas industri perbankan secara keseluruhan.

Dalam upaya untuk menjaga keamanan dan kredibilitas perbankan, pelatihan pencegahan fraud dalam perbankan menjadi sebuah langkah krusial dalam melindungi kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan. Peserta pelatihan akan diberikan informasi mendalam mengenai berbagai risiko penipuan yang dapat terjadi, dan juga dilatih untuk mengenali tanda-tanda perilaku mencurigakan yang sering kali menjadi ciri khas para pelaku penipuan. Dengan mengidentifikasi potensi ancaman dan belajar mengenai teknik pencegahan yang efektif, para karyawan dan manajemen perbankan dapat meningkatkan ketahanan mereka terhadap kegiatan penipuan, sehingga membantu menjaga keamanan aset nasabah dan kestabilan sistem perbankan secara keseluruhan. Pelatihan ini akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan meningkatkan kapabilitas perbankan dalam menghadapi tantangan fraud yang terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan pola perilaku para pelaku penipuan.

Apa manfaat mengikuti pelatihan ini?

  • Meningkatkan kesadaran: Menyadarkan para karyawan dan manajemen perbankan akan risiko dan ancaman fraud yang ada, sehingga mereka lebih waspada dan peka terhadap potensi tindakan penipuan.
  • Meningkatkan keterampilan: Mengembangkan keterampilan dan pengetahuan para peserta untuk mengidentifikasi dan mengatasi berbagai taktik penipuan dengan lebih efektif.
  • Memperkuat sistem pencegahan: Membantu perbankan dalam mengembangkan dan mengimplementasikan sistem pencegahan fraud yang lebih efisien dan responsif terhadap ancaman penipuan.
  • Mengurangi kerugian finansial: Mengajarkan strategi pencegahan dan deteksi dini yang dapat membantu mengurangi kerugian finansial yang disebabkan oleh aktivitas penipuan.
  • Meningkatkan reputasi dan kepercayaan: Dengan mengurangi insiden fraud, perbankan dapat meningkatkan reputasi dan kepercayaan dari nasabah dan masyarakat secara keseluruhan terhadap layanan dan keamanan yang disediakan.

Berita Baiknya adalah:

“Pencegahan fraud dalam perbankan merujuk pada serangkaian tindakan dan strategi yang diambil oleh institusi perbankan untuk mencegah, mendeteksi, dan mengatasi berbagai bentuk penipuan yang mungkin terjadi dalam lingkungan perbankan. Tujuannya adalah untuk melindungi aset perbankan, informasi nasabah, dan reputasi lembaga dari ancaman aktivitas penipuan. Pencegahan fraud melibatkan pelatihan karyawan, penerapan kebijakan dan prosedur yang ketat, serta penggunaan teknologi keamanan canggih guna mengurangi potensi risiko dan kerugian yang dapat ditimbulkan oleh tindakan penipuan. Dengan memperkuat sistem pencegahan, perbankan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan handal, sehingga membangun kepercayaan nasabah dan masyarakat terhadap lembaga keuangan tersebut.

Pencegahan fraud dalam perbankan adalah usaha yang dilakukan untuk mencegah dan mengurangi tindakan penipuan di dalam industri perbankan. Langkah-langkah ini melibatkan berbagai aspek, seperti penggunaan teknologi keamanan yang canggih, pengawasan dan evaluasi risiko secara teratur, serta pelatihan bagi karyawan perbankan agar lebih peka dan mampu mengenali tanda-tanda aktivitas penipuan. Dengan mengambil langkah-langkah preventif yang efektif, perbankan dapat melindungi aset, data nasabah, dan integritas sistem secara menyeluruh, sehingga dapat menjaga kepercayaan dan keandalan industri perbankan di mata masyarakat.

Siapa Yang Akan Menjadi Pembicara Pada Pelatihan ini?

Instruktur yang mengajar pelatihan Pencegahan Fraud Dalam Perbankan ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Pencegahan Fraud Dalam Perbankan baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Materi Pelatihan Apa Yang Akan Didapatkan?

  • Pengenalan tentang Fraud
    a. Definisi dan jenis-jenis fraud dalam perbankan
    b. Dampak dan konsekuensi dari tindakan penipuan
  • Penyebab dan Faktor Risiko Fraud
    a. Identifikasi faktor pendorong tindakan penipuan
    b. Faktor risiko internal dan eksternal yang memungkinkan fraud terjadi
  • Hukum dan Regulasi Terkait Fraud dalam Perbankan
    a. UU dan peraturan yang mengatur tindakan penipuan
    b. Tanggung jawab perbankan dan nasabah dalam pencegahan fraud
  • Identifikasi Tanda-Tanda Penipuan
    a. Cara mengenali perilaku mencurigakan dari nasabah dan pihak terkait
    b. Penanda kecurigaan pada transaksi dan aktivitas perbankan
  • Teknik Deteksi Fraud
    a. Pemanfaatan teknologi dan analisis data untuk mendeteksi aktivitas penipuan
    b. Pemeriksaan audit dan prosedur pengawasan dalam menangani fraud
  • Pencegahan Fraud di Layanan Perbankan
    a. Keamanan perbankan digital dan teknologi anti-phishing
    b. Penggunaan verifikasi ganda dan otentikasi dua faktor
  • Pengelolaan Risiko Fraud
    a. Penilaian risiko fraud dan penetapan strategi pencegahan
    b. Manajemen resiko dan penanganan insiden fraud
  • Etika dan Tanggung Jawab dalam Pencegahan Fraud
    a. Peran etika dalam mencegah tindakan penipuan
    b. Tanggung jawab karyawan dan manajemen dalam memastikan keamanan perbankan
  • Pelaporan dan Respons atas Penipuan
    a. Prosedur pelaporan fraud dan pengaduan dari nasabah
    b. Tanggapan dan tindakan yang tepat ketika terjadi tindakan penipuan
  • Studi Kasus dan Latihan Simulasi
    a. Menganalisis studi kasus fraud dalam perbankan
    b. Melakukan latihan simulasi untuk mengasah kemampuan deteksi dan penanganan fraud.
  •  

Metode Pelatihan

Presentasi

Pelatihan dengan metode Presentation untuk matrikulasi dan penyampaian materi

Diskusi

Komunikasi interaktif antara trainer dan peserta didalam kelas​

Studi Kasus

Membahas contoh permasalahan yang ada dan berbagi pengalaman

Praktek

Praktek Lapangan untuk peserta belajar dan berlatih secara mandiri

Selain Materi Pelatihan Benefit Apa Lagi Yang Akan Didapatkan

Sertifikat

Lunch

Coffee Break

USB Flasdisk

Modul

Souvenir

Transport

Jogja Dinner

Training Kit

Affrodable Investment

Lokasi Pelatihan

Berapa Investasi Jika Saya Upgrade Skill?

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket lain IN HOUSE TRAINING, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan

JADWAL PELATIHAN TAHUN 2023

Januari

18-19 / 26-27

Februari

15-16 / 23-24​

Maret

8-9 / 23-24

April

18-19 / 20-21

Mei

19-20 / 24-25

Juni

15-16 / 22-23

Juli

18-19 / 26-27

Agustus

11-12 / 24-25

September

14-15 / 21-22

Oktober

12-13 / 26-27

November

16-17 / 26-27

Desember

7-8 / 22-23