• Manajer dan Eksekutif: Manajer dan eksekutif perlu mengambil keputusan strategis yang kompleks dalam menjalankan organisasi. Pelatihan ini membantu mereka mengembangkan keterampilan dalam menganalisis masalah dan membuat keputusan yang efektif.
  • Tim Proyek dan Tim Kerja: Anggota tim proyek dan tim kerja harus mampu mengatasi hambatan dan mengambil keputusan dalam situasi yang beragam. Pelatihan ini membantu mereka mengembangkan kemampuan problem solving yang kreatif.
  • Karyawan Tingkat Operasional: Karyawan yang bekerja dalam aspek operasional perlu dapat mengatasi masalah sehari-hari yang muncul dalam pekerjaan mereka. Pelatihan ini memberi mereka alat untuk mengatasi tantangan tersebut dengan lebih efisien.
  • Wirausaha dan Pengusaha: Individu yang menjalankan bisnis mereka sendiri akan dihadapkan pada banyak keputusan bisnis. Pelatihan ini membantu mereka mengambil keputusan yang lebih terinformasi dan merencanakan solusi untuk masalah yang muncul.
  • Mahasiswa dan Pembelajar: Keterampilan dalam problem solving dan decision making berguna dalam berbagai konteks. Mahasiswa dan pembelajar dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk mengembangkan keterampilan intelektual yang lebih luas.
  • Namun, penting untuk diingat bahwa kemampuan problem solving dan decision making adalah keterampilan universal yang dapat bermanfaat bagi siapa pun, terlepas dari latar belakang atau peran. Jadi, sebenarnya hampir semua orang dapat mengambil manfaat dari pelatihan ini.

Berikut ini adalah Fakta Mengenai Problem Solving & Decision Making:

“Pelatihan tentang “”Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan”” merujuk pada program yang dirancang untuk membantu individu mengasah keterampilan dalam mengatasi tantangan dan situasi rumit, serta mengembangkan kemampuan untuk membuat keputusan yang efektif. Dalam konteks ini, peserta diberikan alat dan strategi untuk menganalisis masalah dengan lebih mendalam, mengidentifikasi berbagai opsi solusi, serta mengevaluasi konsekuensi dari setiap pilihan. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu dalam mengambil langkah-langkah tindakan yang terinformasi dan bijaksana, dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang relevan sebelum membuat keputusan akhir.

Program ini juga memberikan wawasan yang kuat tentang bagaimana menghadapi tantangan yang mungkin muncul dalam berbagai situasi, baik di lingkungan kerja maupun kehidupan sehari-hari. Selama pelatihan, peserta akan diajak untuk berlatih berpikir kritis, menilai informasi secara mendalam, dan mengenali pola pikir yang mungkin mempengaruhi pengambilan keputusan. Melalui pendekatan interaktif, mereka akan mengembangkan kemampuan untuk merumuskan solusi inovatif, mengatasi hambatan yang kompleks, dan mengelola risiko dengan lebih efektif. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya berfokus pada keterampilan teknis, tetapi juga pada aspek-aspek psikologis dan kontekstual dalam proses problem solving dan decision making.

Apa manfaat mengikuti pelatihan ini?

  • Meningkatkan Kemampuan Analisis: Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu dalam menganalisis masalah secara mendalam, mengurai aspek-aspek yang relevan, dan mengidentifikasi akar permasalahan.
  • Mengembangkan Kreativitas Solusi: Salah satu tujuan pelatihan ini adalah mengajarkan peserta bagaimana mengembangkan beragam solusi kreatif untuk mengatasi tantangan yang kompleks.
  • Memperkuat Keputusan Berdasarkan Data: Melalui pelatihan ini, individu diarahkan untuk memahami pentingnya informasi yang akurat dalam proses pengambilan keputusan dan cara menggunakannya secara efektif.
  • Mengurangi Risiko Kesalahan Keputusan: Pelatihan bertujuan untuk membekali peserta dengan metode dan alat untuk mengidentifikasi risiko potensial dan mengurangi kemungkinan kesalahan dalam mengambil keputusan.
  • Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah Real-World: Pelatihan ini ditujukan untuk membantu individu mengatasi tantangan sehari-hari di lingkungan kerja atau kehidupan pribadi dengan lebih percaya diri dan efisien.

Berita Baiknya adalah:

“Pemecahan Masalah (Problem Solving) adalah proses di mana seseorang atau kelompok mengidentifikasi, menganalisis, dan menemukan solusi untuk situasi atau masalah yang dihadapi. Ini melibatkan langkah-langkah seperti mengurai akar masalah, mengumpulkan informasi yang relevan, mengembangkan alternatif solusi, dan memilih tindakan yang paling sesuai untuk mengatasi masalah tersebut. Pemecahan Masalah juga melibatkan keterampilan dalam berpikir kritis, kreativitas, dan analisis untuk menghasilkan solusi yang efektif.

Pengambilan Keputusan (Decision Making) merujuk pada proses memilih satu opsi dari berbagai alternatif yang tersedia berdasarkan pertimbangan dan evaluasi. Ini melibatkan penilaian atas informasi yang ada, mempertimbangkan risiko dan manfaat dari setiap pilihan, serta memilih tindakan yang paling memungkinkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pengambilan Keputusan juga melibatkan kemampuan untuk mengendalikan emosi, menerapkan pengetahuan, dan menggunakan kerangka kerja yang logis untuk memastikan keputusan yang baik.

Siapa Yang Akan Menjadi Pembicara Pada Pelatihan ini?

Instruktur yang mengajar pelatihan Problem Solving & Decision Making ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Problem Solving & Decision Making baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Materi Pelatihan Apa Yang Akan Didapatkan?

  • Pengenalan Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan: Menjelaskan konsep dasar, pentingnya keterampilan ini dalam berbagai konteks, dan bagaimana keterampilan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Langkah-Langkah Pemecahan Masalah: Menguraikan serangkaian langkah yang melibatkan identifikasi masalah, pengumpulan informasi, analisis akar masalah, dan pengembangan solusi yang kreatif.
  • Teknik Berpikir Kritis: Menjelaskan tentang berpikir kritis dan bagaimana mengenali asumsi, mempertanyakan informasi, dan mengevaluasi argumen secara objektif.
  • Kreativitas dalam Solusi: Membahas teknik-teknik untuk membangkitkan ide-ide kreatif dalam pemecahan masalah, termasuk brainstorming dan pemikiran lateral.
  • Pengumpulan & Evaluasi Informasi: Menjelaskan cara mengumpulkan data dan informasi yang relevan, serta bagaimana menganalisisnya untuk menginformasikan keputusan.
  • Penilaian Risiko dan Manfaat: Membahas bagaimana mengidentifikasi risiko yang terkait dengan setiap solusi yang dipertimbangkan, serta cara mengevaluasi manfaat yang mungkin dihasilkan.
  • Kerangka Kerja Pengambilan Keputusan: Memperkenalkan kerangka kerja yang membantu dalam memilih solusi yang paling sesuai, termasuk penimbangan antara berbagai faktor yang relevan.
  • Pengendalian Emosi dalam Keputusan: Mengajarkan bagaimana mengelola emosi dan tekanan saat menghadapi keputusan sulit untuk mencegah pengambilan keputusan yang impulsif.
  • Komunikasi & Kolaborasi: Menjelaskan pentingnya berkomunikasi dengan anggota tim atau pihak lain yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan, serta bagaimana memfasilitasi diskusi yang produktif.
  • Studi Kasus & Latihan Praktis: Melibatkan peserta dalam studi kasus nyata atau simulasi untuk mengaplikasikan keterampilan problem solving dan decision making dalam situasi yang mendekati kehidupan nyata.
  • Ini adalah beberapa pokok bahasan yang umumnya dicakup dalam pelatihan mengenai “”Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan””. Tentu saja, rincian lebih lanjut dan fokus dari setiap materi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pelatihan.
  •  

Metode Pelatihan

Presentasi

Pelatihan dengan metode Presentation untuk matrikulasi dan penyampaian materi

Diskusi

Komunikasi interaktif antara trainer dan peserta didalam kelas​

Studi Kasus

Membahas contoh permasalahan yang ada dan berbagi pengalaman

Praktek

Praktek Lapangan untuk peserta belajar dan berlatih secara mandiri

Selain Materi Pelatihan Benefit Apa Lagi Yang Akan Didapatkan

Sertifikat

Lunch

Coffee Break

USB Flasdisk

Modul

Souvenir

Transport

Jogja Dinner

Training Kit

Affrodable Investment

Lokasi Pelatihan

Berapa Investasi Jika Saya Upgrade Skill?

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket lain IN HOUSE TRAINING, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan

JADWAL PELATIHAN TAHUN 2023

Januari

18-19 / 26-27

Februari

15-16 / 23-24​

Maret

8-9 / 23-24

April

18-19 / 20-21

Mei

19-20 / 24-25

Juni

15-16 / 22-23

Juli

18-19 / 26-27

Agustus

11-12 / 24-25

September

14-15 / 21-22

Oktober

12-13 / 26-27

November

16-17 / 26-27

Desember

7-8 / 22-23