• Tim R&D (Research and Development): Tim ini bertanggung jawab untuk melakukan penelitian, eksperimen, dan pengembangan produk baru atau peningkatan produk yang ada. Pelatihan product innovation akan membantu mereka dalam mengidentifikasi tren pasar, teknologi terkini, dan metode inovatif dalam proses pengembangan produk.
  • Tim Manajemen Produk: Kelompok ini terdiri dari manajer produk, pengawas, dan pemangku kepentingan lain yang terlibat dalam perencanaan strategis dan pengelolaan siklus hidup produk. Pelatihan akan membantu mereka memahami kebutuhan pasar, menganalisis persaingan, dan mengoptimalkan portofolio produk.
  • Tim Pemasaran dan Penjualan: Bagian pemasaran dan penjualan berperan penting dalam membawa produk ke pasar dan meningkatkan penjualan. Pelatihan product innovation akan membantu mereka memahami fitur produk yang inovatif, merancang strategi pemasaran yang efektif, dan menjangkau pasar yang relevan.
  • Tim Desain dan Pengembangan Produk: Kelompok ini terdiri dari desainer produk, insinyur, dan ahli lain yang bertanggung jawab untuk mengubah konsep menjadi produk fisik. Pelatihan akan membantu mereka memahami tren desain terkini, teknologi produksi canggih, dan cara menghadirkan inovasi dalam bentuk produk yang fungsional dan menarik.
  • Pemilik Bisnis dan Eksekutif: Para pemilik bisnis, CEO, atau eksekutif perlu mengikuti pelatihan product innovation agar memahami pentingnya inovasi dalam mempertahankan daya saing perusahaan, mengidentifikasi peluang pasar baru, dan mengambil keputusan strategis terkait pengembangan produk.
  • Penting untuk dicatat bahwa inovasi produk adalah usaha kolaboratif dan melibatkan berbagai departemen dalam sebuah organisasi. Dengan demikian, pelatihan ini dapat memberikan pemahaman dan kerangka kerja yang konsisten bagi seluruh tim yang terlibat dalam proses pengembangan produk.

Berikut ini adalah Fakta Mengenai Product Innovation :

“Pelatihan product innovation adalah program pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman individu atau kelompok dalam menghasilkan inovasi produk yang baru dan berbeda. Dalam pelatihan ini, peserta akan diperkenalkan dengan berbagai konsep dan metode terkini dalam pengembangan produk, termasuk identifikasi kebutuhan pasar, analisis persaingan, riset dan pengembangan, serta strategi pemasaran. Para peserta akan diajarkan bagaimana mengenali tren pasar yang relevan, merancang solusi kreatif, dan menerapkan pendekatan yang inovatif untuk menciptakan produk yang menarik dan menghadirkan nilai tambah bagi konsumen. Pelatihan product innovation mendorong kolaborasi dan memperkuat pemahaman akan pentingnya inovasi dalam menjaga daya saing bisnis serta merespons perubahan pasar dengan cepat dan efektif.

Dalam pelatihan product innovation, para peserta akan mendapatkan panduan dan pembelajaran intensif tentang bagaimana menciptakan inovasi produk yang memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Mereka akan memahami pentingnya pengembangan produk yang tidak hanya berfokus pada fitur dan fungsi, tetapi juga memperhatikan pengalaman pengguna, keberlanjutan, dan efisiensi produksi. Pelatihan ini akan membekali peserta dengan pengetahuan tentang teknologi terbaru, tren industri, dan metode penelitian yang relevan untuk menginformasikan keputusan pengembangan produk. Melalui interaksi dengan para pakar industri dan sesi diskusi, para peserta akan dapat mengembangkan wawasan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi agen perubahan dalam menciptakan produk inovatif yang sukses di pasar yang kompetitif.

Apa manfaat mengikuti pelatihan ini?

  • Meningkatkan kemampuan individu atau tim dalam mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pasar serta peluang inovasi produk. (Parafrase: Memperkuat keterampilan individu atau kelompok dalam mengenali dan memahami tuntutan pasar dan potensi untuk menciptakan inovasi produk.)
  • Memberikan wawasan tentang strategi pengembangan produk yang efektif dan berorientasi pada kebutuhan konsumen. (Parafrase: Menghadirkan pemahaman tentang strategi pengembangan produk yang efisien dan berfokus pada keinginan dan kebutuhan konsumen.)
  • Membekali peserta dengan metode riset dan pendekatan inovatif dalam proses pengembangan produk. (Parafrase: Menyediakan pengetahuan tentang metode riset dan pendekatan inovatif dalam mengembangkan produk.)
  • Mengajarkan cara mengintegrasikan teknologi terkini dan tren industri dalam menciptakan produk yang relevan dan berdaya saing. (Parafrase: Mengedukasi tentang integrasi teknologi terbaru dan arah perkembangan industri dalam menciptakan produk yang relevan dan kompetitif.)
  • Mendorong kolaborasi antardepartemen dan kerjasama tim untuk menciptakan produk yang inovatif dan sukses di pasaran. (Parafrase: Memotivasi untuk bekerja sama lintas departemen dan tim agar bisa menciptakan produk inovatif yang berhasil di pasar.)

Berita Baiknya adalah:

“Product innovation, dalam bahasa Indonesia disebut inovasi produk, merujuk pada proses menciptakan atau mengembangkan produk baru, atau melakukan perubahan signifikan pada produk yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda atau meningkatkan nilai produk tersebut. Inovasi produk mencakup berbagai aspek, seperti fitur dan fungsi baru, desain yang lebih menarik, penggunaan teknologi mutakhir, dan peningkatan efisiensi produksi. Tujuannya adalah untuk memberikan nilai tambah kepada konsumen, menciptakan keunggulan kompetitif, dan meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Dalam konteks bisnis, inovasi produk menjadi kunci penting dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan perubahan tren pasar yang cepat. Produk inovatif dapat membuka peluang pasar baru, memperluas pangsa pasar, dan membangun loyalitas pelanggan. Untuk mencapai inovasi produk yang sukses, perusahaan perlu memiliki budaya inovasi yang kuat, melakukan riset pasar yang mendalam, serta menerapkan pendekatan yang terstruktur dan kreatif dalam proses pengembangan produk.

Siapa Yang Akan Menjadi Pembicara Pada Pelatihan ini?

Instruktur yang mengajar pelatihan Product Innovation ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Product Innovation baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Materi Pelatihan Apa Yang Akan Didapatkan?

  • Pengenalan Inovasi Produk
  • Definisi inovasi produk
    Pentingnya inovasi dalam bisnis
    Tren inovasi produk terkini
    Memahami Kebutuhan Pasar
  • Mengidentifikasi kebutuhan konsumen
    Analisis pasar dan tren konsumen
    Membaca peluang dan tantangan pasar
    Proses Pengembangan Produk
  • Tahapan pengembangan produk
    Pendekatan Agile dan Lean dalam inovasi
    Manajemen siklus hidup produk
    Metode Riset dan Desain
  • Metode riset pasar dan pengguna
    Teknik wawancara dan observasi
    Desain thinking dalam inovasi
    Strategi Inovasi Produk
  • Inovasi inkremental vs. inovasi radikal
    Analisis SWOT untuk inovasi produk
    Mendefinisikan value proposition
    Implementasi Teknologi Terkini
  • Penerapan teknologi dalam produk
    Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan (AI)
    Perangkat lunak dan aplikasi terbaru
    Desain Produk dan User Experience (UX)
  • Desain produk yang menarik dan fungsional
    Prinsip-prinsip UX dan human-centered design
    Prototyping dan uji coba produk
    Strategi Pemasaran Produk Inovatif
  • Segmentasi pasar untuk produk inovatif
    Branding dan positioning produk
    Strategi pemasaran yang efektif
    Manajemen Inovasi dan Kreativitas
  • Budaya inovasi dalam organisasi
    Mendorong kreativitas dan kolaborasi
    Manajemen tim inovasi
    Pengukuran Kinerja Produk Inovatif
  • Mengukur keberhasilan inovasi produk
    Analisis kinerja produk di pasar
    Evaluasi dan perbaikan berkelanjutan
    Catatan: Outline ini bisa disesuaikan dan dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pelatihan Product Innovation yang spesifik.

Metode Pelatihan

Presentasi

Pelatihan dengan metode Presentation untuk matrikulasi dan penyampaian materi

Diskusi

Komunikasi interaktif antara trainer dan peserta didalam kelas​

Studi Kasus

Membahas contoh permasalahan yang ada dan berbagi pengalaman

Praktek

Praktek Lapangan untuk peserta belajar dan berlatih secara mandiri

Selain Materi Pelatihan Benefit Apa Lagi Yang Akan Didapatkan

Sertifikat

Lunch

Coffee Break

USB Flasdisk

Modul

Souvenir

Transport

Jogja Dinner

Training Kit

Affrodable Investment

Lokasi Pelatihan

Berapa Investasi Jika Saya Upgrade Skill?

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket lain IN HOUSE TRAINING, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan

JADWAL PELATIHAN TAHUN 2023

Januari

18-19 / 26-27

Februari

15-16 / 23-24​

Maret

8-9 / 23-24

April

18-19 / 20-21

Mei

19-20 / 24-25

Juni

15-16 / 22-23

Juli

18-19 / 26-27

Agustus

11-12 / 24-25

September

14-15 / 21-22

Oktober

12-13 / 26-27

November

16-17 / 26-27

Desember

7-8 / 22-23