• Operator Crane: Orang yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan dan mengendalikan derek atau crane dalam proses pengangkatan dan pemasangan peralatan berat.
  • Pekerja Konstruksi: Termasuk pekerja bangunan, tukang batu, tukang besi, dan pekerja konstruksi lainnya yang perlu terlibat dalam pengangkatan dan pergerakan komponen-komponen besar selama proses konstruksi.
  • Petugas Rigging: Tenaga kerja yang khusus ditugaskan untuk melakukan tugas rigging, yaitu proses persiapan, perakitan, dan pemasangan alat angkat seperti sling, shackle, dan lain-lain.
  • Pekerja Pabrik: Para pekerja di pabrik yang terlibat dalam proses produksi peralatan atau produk berat yang memerlukan pengangkatan atau penanganan khusus.
  • Inspektur Keselamatan: Orang yang bertanggung jawab untuk memastikan peraturan keselamatan dan standar rigging diikuti dengan benar dalam lingkungan kerja.
  • Perlu diingat bahwa persyaratan pelatihan rigger dapat berbeda-beda di setiap negara dan wilayah, tergantung pada hukum dan peraturan setempat. Setiap individu yang berencana untuk bekerja dalam pekerjaan yang melibatkan rigging harus memastikan untuk mematuhi semua persyaratan keselamatan dan pelatihan yang berlaku di wilayah mereka.

Berikut ini adalah Fakta Mengenai Rigger :

“Pelatihan RIGGER adalah suatu program pelatihan khusus yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta mengenai pengangkatan, pergerakan, dan pemasangan peralatan berat dengan aman dan efisien. Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari berbagai teknik rigging, termasuk penggunaan alat angkat seperti sling dan shackle, serta cara merancang dan melaksanakan proses pengangkatan dengan tepat sesuai standar keselamatan yang berlaku. Selain itu, pelatihan RIGGER juga akan mengajarkan tentang pemeliharaan dan inspeksi alat angkat guna memastikan kondisi yang optimal dan mengurangi risiko kecelakaan.

Para peserta yang mengikuti pelatihan RIGGER akan diberikan pemahaman mendalam tentang tata cara dan protokol keselamatan dalam melakukan tugas rigging. Mereka akan diajarkan cara mengidentifikasi potensi bahaya dan risiko yang terkait dengan pengangkatan peralatan berat, serta strategi untuk mengurangi potensi bahaya tersebut. Melalui kombinasi antara teori dan praktik, peserta akan mendapatkan keterampilan praktis yang diperlukan untuk menjadi rigger yang kompeten dan bertanggung jawab. Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta diharapkan dapat berkontribusi dalam menjaga keamanan dan keselamatan di tempat kerja mereka, sehingga meminimalkan risiko cedera dan kerugian yang disebabkan oleh ketidakmampuan dalam mengelola tugas rigging dengan baik.

Apa manfaat mengikuti pelatihan ini?

  • Mengajarkan peserta tentang teknik rigging yang aman dan efisien agar mereka dapat melakukan pengangkatan peralatan berat dengan tepat dan sesuai standar keselamatan yang berlaku.
  • Memperkenalkan peserta pada penggunaan alat angkat dan peralatan rigging, serta memberikan pemahaman mendalam tentang cara merancang dan melaksanakan proses pengangkatan dengan baik.
  • Menyediakan pemahaman tentang pentingnya keselamatan di tempat kerja, dengan mengidentifikasi potensi bahaya dan risiko yang terkait dengan pekerjaan rigging dan cara mengurangi risiko tersebut.
  • Meningkatkan keterampilan praktis peserta dalam melakukan tugas rigging, termasuk pemasangan sling, pengaturan shackle, dan penggunaan peralatan lainnya.
  • Menyediakan pengetahuan tentang pemeliharaan dan inspeksi alat angkat guna memastikan kondisi yang baik dan menghindari kegagalan alat selama proses pengangkatan.

Berita Baiknya adalah:

“RIGGER adalah seorang pekerja yang memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam melakukan pengangkatan, pergerakan, dan pemasangan peralatan berat dengan aman dan efisien. Tugas utama seorang RIGGER adalah untuk merencanakan dan melaksanakan proses rigging, yang mencakup pemilihan dan penggunaan alat angkat seperti sling, shackle, atau crane. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan peralatan yang digunakan dalam proses pengangkatan dalam kondisi baik dan aman. RIGGER seringkali bekerja di lingkungan konstruksi, pabrik, atau sektor industri lainnya, dan tugas mereka berperan penting dalam menjaga keselamatan di tempat kerja dan mencegah kecelakaan atau cedera yang bisa terjadi akibat kesalahan dalam proses rigging.

Para RIGGER harus mengikuti pelatihan khusus untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pekerjaan mereka. Pelatihan ini meliputi pemahaman tentang prinsip-prinsip keselamatan, teknik rigging, serta cara menggunakan dan memelihara alat angkat dengan benar. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, RIGGER dapat menghadapi tantangan dalam lingkungan kerja yang berat dan kompleks, serta memastikan bahwa semua proses pengangkatan berjalan dengan lancar dan aman.

Siapa Yang Akan Menjadi Pembicara Pada Pelatihan ini?

Instruktur yang mengajar pelatihan Rigger ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Rigger baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Materi Pelatihan Apa Yang Akan Didapatkan?

  • Pengantar ke RIGGER:
  • Definisi dan peran RIGGER dalam industri
    Pentingnya keselamatan dan peraturan kerja di lingkungan rigging
    Prinsip-prinsip Keselamatan dalam Rigging:
  • Identifikasi bahaya dan risiko di tempat kerja
    Proses evaluasi risiko dan pencegahan kecelakaan
    Alat Angkat dan Peralatan Rigging:
  • Pengenalan jenis sling, shackle, dan alat angkat lainnya
    Pemilihan alat angkat yang sesuai untuk setiap situasi
    Teknik Rigging Dasar:
  • Menghitung beban dan gaya yang akan diangkat
    Pengetahuan tentang simpul dan pengikatan yang aman
    Perencanaan Rigging:
  • Merancang dan menyusun rencana rigging
    Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan pengangkatan
    Pengoperasian Crane:
  • Pengenalan dan penggunaan crane dalam proses rigging
    Pengendalian dan pengoperasian crane dengan aman
    Prosedur Pengangkatan dan Penanganan Barang Berat:
  • Langkah-langkah pengangkatan dan penempatan barang berat
    Pengelolaan peralatan rigging selama proses pengangkatan
    Pemeliharaan dan Inspeksi Alat Angkat:
  • Perawatan rutin alat angkat dan peralatan rigging
    Inspeksi alat angkat untuk memastikan kondisi yang baik
    Penanganan Darurat dan Respons Kecelakaan:
  • Protokol darurat dalam kasus kecelakaan rigging
    Tindakan pertolongan pertama dan respons terhadap situasi darurat
    Ujian Penilaian dan Praktik Lapangan:
  • Ujian teori dan keterampilan praktis rigging
    Simulasi situasi lapangan untuk menguji pemahaman peserta
    Materi pelatihan RIGGER ini akan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugas rigging dengan aman dan efisien dalam lingkungan kerja yang berat dan kompleks.

Metode Pelatihan

Presentasi

Pelatihan dengan metode Presentation untuk matrikulasi dan penyampaian materi

Diskusi

Komunikasi interaktif antara trainer dan peserta didalam kelas​

Studi Kasus

Membahas contoh permasalahan yang ada dan berbagi pengalaman

Praktek

Praktek Lapangan untuk peserta belajar dan berlatih secara mandiri

Selain Materi Pelatihan Benefit Apa Lagi Yang Akan Didapatkan

Sertifikat

Lunch

Coffee Break

USB Flasdisk

Modul

Souvenir

Transport

Jogja Dinner

Training Kit

Affrodable Investment

Lokasi Pelatihan

Berapa Investasi Jika Saya Upgrade Skill?

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket lain IN HOUSE TRAINING, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan

JADWAL PELATIHAN TAHUN 2023

Januari

18-19 / 26-27

Februari

15-16 / 23-24​

Maret

8-9 / 23-24

April

18-19 / 20-21

Mei

19-20 / 24-25

Juni

15-16 / 22-23

Juli

18-19 / 26-27

Agustus

11-12 / 24-25

September

14-15 / 21-22

Oktober

12-13 / 26-27

November

16-17 / 26-27

Desember

7-8 / 22-23