• Manajer dan Pimpinan: Para manajer dan pemimpin perlu memahami konsep Kaizen untuk memimpin dan menerapkan perubahan berkelanjutan di seluruh organisasi.
  • Tim Kerja dan Karyawan: Semua anggota tim kerja dan karyawan harus terlibat dalam pelatihan Kaizen untuk mendukung implementasi perubahan dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan proses kerja.
  • Tim Perbaikan: Tim-tim yang ditugaskan untuk melaksanakan proyek perbaikan proses harus memiliki pemahaman mendalam tentang metodologi dan alat-alat Kaizen.
  • Staf Kualitas: Departemen kualitas dan perbaikan terus-menerus berfokus pada peningkatan proses, dan pelatihan Kaizen akan membantu mereka dalam mencapai tujuan ini.
  • Staf Operasional: Pelatihan Kaizen akan menguntungkan staf operasional yang terlibat langsung dalam proses produksi atau layanan karena mereka dapat memberikan masukan berharga dan mengidentifikasi masalah secara lebih efektif.
  • Perlu dicatat bahwa tidak hanya lima kelompok ini yang dapat mengikuti pelatihan Kaizen, tetapi juga kelompok lain dalam organisasi yang ingin berkontribusi dalam perbaikan berkelanjutan.

Berikut ini adalah Fakta Mengenai Sistem Manajemen Kaizen :

“Pelatihan Sistem Manajemen Kaizen adalah suatu proses pelatihan yang bertujuan untuk mengajarkan konsep dan metodologi Kaizen kepada berbagai anggota organisasi. Kaizen merupakan suatu pendekatan Jepang yang berfokus pada perbaikan berkelanjutan dengan mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan dalam proses bisnis. Dalam pelatihan ini, peserta akan diajarkan tentang pentingnya mengadopsi sikap terbuka terhadap perubahan dan mengembangkan budaya kerja yang berorientasi pada peningkatan. Para peserta akan mempelajari alat-alat dan teknik Kaizen yang meliputi analisis proses, identifikasi masalah, brainstorming, dan implementasi perbaikan. Selain itu, pelatihan juga akan membahas tentang bagaimana melibatkan semua anggota organisasi dalam upaya perbaikan dan menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif. Dengan pelatihan ini, diharapkan organisasi dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk atau layanan mereka secara berkesinambungan.

Pelatihan Sistem Manajemen Kaizen merupakan sebuah program edukasi yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan prinsip-prinsip serta strategi Kaizen kepada berbagai elemen di dalam sebuah organisasi. Konsep Kaizen sendiri merupakan filosofi asal Jepang yang menekankan pada perbaikan yang berkelanjutan melalui identifikasi dan eliminasi pemborosan dalam proses bisnis. Melalui pelatihan ini, peserta akan diajarkan bagaimana untuk merangkul perubahan dengan sikap yang positif dan membangun budaya kerja yang mendorong terjadinya peningkatan secara berkesinambungan. Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari beragam alat dan teknik Kaizen yang mencakup analisis proses, identifikasi masalah, metode brainstorming, dan penerapan perbaikan. Selain itu, pelatihan juga akan menekankan pentingnya melibatkan seluruh anggota organisasi dalam upaya mencapai perbaikan yang signifikan dan menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan kolaboratif. Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini, organisasi akan mampu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk atau layanan mereka secara berkesinambungan.

Apa manfaat mengikuti pelatihan ini?

  • Mempersiapkan peserta dengan pemahaman mendalam tentang konsep dan metodologi Kaizen untuk menerapkan perbaikan berkelanjutan dalam proses bisnis.
  • Mengajarkan peserta tentang alat-alat dan teknik Kaizen yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah, mengurangi pemborosan, dan meningkatkan efisiensi operasional.
  • Mengembangkan sikap terbuka dan proaktif terhadap perubahan, serta membentuk budaya kerja yang mendorong partisipasi aktif dalam upaya perbaikan.
  • Mendorong kolaborasi dan keterlibatan seluruh anggota organisasi dalam pelaksanaan proyek-proyek perbaikan untuk mencapai hasil yang optimal.
  • Menghasilkan peningkatan kualitas produk atau layanan, efisiensi proses, dan kepuasan pelanggan melalui penerapan prinsip-prinsip Kaizen secara konsisten.

Berita Baiknya adalah:

“Sistem Manajemen Kaizen adalah suatu pendekatan Jepang dalam pengelolaan dan perbaikan berkelanjutan yang berfokus pada mengidentifikasi dan mengurangi pemborosan dalam proses bisnis. Prinsip utama dari Kaizen adalah meningkatkan efisiensi, kualitas, dan produktivitas secara berkesinambungan melalui partisipasi aktif seluruh anggota organisasi. Dalam sistem ini, perubahan dianggap sebagai hal yang positif dan diadopsi dengan sikap terbuka, sehingga mendorong budaya kerja yang progresif dan berorientasi pada perbaikan.

Dalam praktiknya, Sistem Manajemen Kaizen melibatkan seluruh lapisan organisasi, dari manajemen hingga karyawan, dalam proses identifikasi masalah, perencanaan perbaikan, dan implementasi tindakan perbaikan. Alat-alat dan teknik Kaizen digunakan untuk menganalisis proses, memfasilitasi diskusi dan inovasi, serta mengukur hasil dari perubahan yang diimplementasikan. Dengan pendekatan ini, organisasi diharapkan dapat mencapai peningkatan berkelanjutan dalam kinerja dan menciptakan lingkungan kerja yang proaktif dalam menghadapi tantangan dan peluang perbaikan.

Siapa Yang Akan Menjadi Pembicara Pada Pelatihan ini?

Instruktur yang mengajar pelatihan Sistem Manajemen Kaizen ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Sistem Manajemen Kaizen baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Materi Pelatihan Apa Yang Akan Didapatkan?

  • Pengenalan tentang Sistem Manajemen Kaizen
  • Pengertian dan sejarah Kaizen
    Prinsip-prinsip dasar Kaizen
    Manfaat penerapan Kaizen dalam organisasi
    Identifikasi dan Pengurangan Pemborosan (Muda)
  • Konsep pemborosan dan jenis-jenisnya
    Teknik identifikasi pemborosan dalam proses bisnis
    Strategi pengurangan pemborosan dengan pendekatan Kaizen
    Alat dan Teknik Kaizen
  • Penerapan PDCA (Plan-Do-Check-Act) dalam Kaizen
    Penggunaan 5W1H (What, Why, Where, When, Who, How) dalam analisis masalah
    Penggunaan Diagram Ishikawa (Fishbone) untuk analisis akar penyebab masalah
    Kaizen Event dan Proyek Perbaikan
  • Konsep Kaizen Event dan tujuannya
    Langkah-langkah dalam pelaksanaan proyek perbaikan Kaizen
    Implementasi perubahan hasil proyek perbaikan
    Budaya Kerja Kaizen
  • Membangun budaya kerja yang mendorong partisipasi dan keterlibatan aktif anggota organisasi
    Menciptakan lingkungan kerja yang inovatif dan progresif
    Strategi untuk mengatasi hambatan dalam mengadopsi budaya kerja Kaizen
    Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Kaizen
  • Metode pengukuran kinerja untuk menilai efektivitas perbaikan
    Evaluasi hasil perbaikan dan pemantauan perubahan dalam jangka panjang
    Mengintegrasikan Kaizen dalam Manajemen Lean
  • Hubungan antara Kaizen dan prinsip-prinsip Lean Management
    Sinergi antara Kaizen dan alat-alat Lean dalam meningkatkan kinerja organisasi
    Pengembangan Tim Kaizen dan Pemimpin Kaizen
  • Mengidentifikasi karakteristik tim Kaizen yang efektif
    Peran dan keterampilan kepemimpinan Kaizen
    Pelatihan keterampilan interpersonal dan kolaboratif
    Kaizen di Berbagai Bidang Organisasi
  • Penerapan Kaizen dalam manufaktur
    Kaizen di sektor layanan dan administrasi
    Kaizen dalam peningkatan kualitas produk atau layanan
    Studi Kasus Kaizen
  • Menganalisis studi kasus nyata tentang penerapan Kaizen dalam berbagai organisasi
    Pembelajaran dari keberhasilan dan tantangan dalam penerapan Kaizen

Metode Pelatihan

Presentasi

Pelatihan dengan metode Presentation untuk matrikulasi dan penyampaian materi

Diskusi

Komunikasi interaktif antara trainer dan peserta didalam kelas​

Studi Kasus

Membahas contoh permasalahan yang ada dan berbagi pengalaman

Praktek

Praktek Lapangan untuk peserta belajar dan berlatih secara mandiri

Selain Materi Pelatihan Benefit Apa Lagi Yang Akan Didapatkan

Sertifikat

Lunch

Coffee Break

USB Flasdisk

Modul

Souvenir

Transport

Jogja Dinner

Training Kit

Affrodable Investment

Lokasi Pelatihan

Berapa Investasi Jika Saya Upgrade Skill?

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket lain IN HOUSE TRAINING, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan

JADWAL PELATIHAN TAHUN 2023

Januari

18-19 / 26-27

Februari

15-16 / 23-24​

Maret

8-9 / 23-24

April

18-19 / 20-21

Mei

19-20 / 24-25

Juni

15-16 / 22-23

Juli

18-19 / 26-27

Agustus

11-12 / 24-25

September

14-15 / 21-22

Oktober

12-13 / 26-27

November

16-17 / 26-27

Desember

7-8 / 22-23