• Manajer Pengadaan (Procurement Managers): Mereka bertanggung jawab atas seluruh proses pengadaan dalam organisasi, termasuk perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pemasok, dan negosiasi kontrak. Pelatihan ini akan membantu mereka mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk mencapai tujuan bisnis melalui pengadaan yang cerdas.
  • Manajer Pembelian (Purchasing Managers): Tugas mereka adalah melakukan pembelian barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pelatihan ini akan membantu mereka memahami bagaimana mengoptimalkan pembelian, memilih pemasok yang tepat, dan mengelola risiko dalam rantai pasok.
  • Analisis Pengadaan (Procurement Analysts): Profesional ini bertanggung jawab untuk menganalisis data pengadaan, mengidentifikasi tren pasar, dan memberikan wawasan untuk pengambilan keputusan. Pelatihan ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan analitis yang lebih baik dan memahami strategi pengadaan yang lebih luas.
  • Pengelola Rantai Pasok (Supply Chain Managers): Mereka mengawasi aliran barang dari pemasok hingga konsumen akhir. Pelatihan ini akan membantu mereka memahami bagaimana pengadaan dan pembelian memengaruhi rantai pasok secara keseluruhan, dan bagaimana membangun strategi yang terintegrasi.
  • Manajer Keuangan (Financial Managers): Pelatihan ini akan memberi pemahaman lebih dalam tentang bagaimana pengadaan dan pembelian dapat mempengaruhi arus kas, anggaran, dan performa keuangan perusahaan secara keseluruhan. Hal ini penting dalam mengambil keputusan yang bijak terkait pengeluaran perusahaan.
  • Namun, perlu diingat bahwa pelatihan ini juga dapat bermanfaat bagi anggota tim lainnya yang terlibat dalam proses pengadaan dan pembelian, seperti manajer proyek, staf hukum, dan staf pemasaran yang terlibat dalam pemilihan pemasok. Setiap organisasi mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi penting untuk menyesuaikan pelatihan dengan peran dan tanggung jawab individu dalam konteks organisasi masing-masing.

Berikut ini adalah Fakta Mengenai Strategy Procurement & Purchasing :

“Pelatihan Strategy Procurement & Purchasing adalah program pengajaran yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang strategi pengadaan dan pembelian dalam lingkungan bisnis. Dalam pelatihan ini, peserta akan diperkenalkan dengan konsep-konsep kunci terkait pengelolaan pengadaan dan pembelian, termasuk perencanaan, evaluasi pemasok, negosiasi kontrak, dan optimisasi biaya. Melalui pengajaran ini, peserta akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana membangun strategi yang efektif dalam memenuhi kebutuhan organisasi, memaksimalkan nilai dari pemasok, mengurangi risiko, dan mengoptimalkan efisiensi dalam rantai pasok.

Pelatihan ini memberikan platform untuk berbagi pengetahuan terbaru dalam praktik pengadaan yang berhasil serta teknik terbaru dalam manajemen pembelian. Peserta akan dipersenjatai dengan keterampilan dan alat yang diperlukan untuk mengidentifikasi peluang strategis, mengambil keputusan yang informasional dan terukur, serta memahami dampaknya terhadap kinerja organisasi secara keseluruhan. Dengan fokus pada pengembangan strategi yang adaptif dan inovatif, pelatihan ini akan membantu peserta menghadapi tantangan yang berkaitan dengan kompleksitas pasar, perubahan regulasi, dan dinamika ekonomi yang terus berkembang.

Apa manfaat mengikuti pelatihan ini?

  • Mengembangkan Strategi Optimal: Tujuan utama adalah membantu peserta mengembangkan strategi pengadaan dan pembelian yang optimal sesuai dengan tujuan bisnis mereka, menggabungkan efisiensi biaya dengan kualitas yang diinginkan.
  • Meningkatkan Keterampilan Analitis: Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan analitis peserta, memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi tren pasar, mengukur kinerja pemasok, dan membuat keputusan berdasarkan data yang akurat.
  • Mengelola Risiko dan Ketidakpastian: Peserta akan diajarkan bagaimana mengelola risiko yang terkait dengan pengadaan dan pembelian, serta bagaimana mengatasi ketidakpastian dalam rantai pasok untuk meminimalkan dampak negatif pada operasi bisnis.
  • Meningkatkan Kemampuan Negosiasi: Salah satu tujuan adalah memperkuat keterampilan negosiasi peserta, membantu mereka dalam berinteraksi dengan pemasok dan memperoleh kesepakatan yang menguntungkan.
  • Memahami Peran Strategis dalam Rantai Pasok: Pelatihan ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran strategis pengadaan dan pembelian dalam konteks rantai pasok, serta bagaimana tindakan di tingkat ini dapat memengaruhi keseluruhan kinerja organisasi.
  • Dengan mencapai tujuan-tujuan ini, peserta pelatihan diharapkan akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana mengelola proses pengadaan dan pembelian secara strategis, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada kesuksesan dan keberlanjutan bisnis.

Berita Baiknya adalah:

“””Strategy Procurement & Purchasing”” merujuk pada pendekatan terencana dan strategis dalam mengelola proses pengadaan dan pembelian di dalam suatu organisasi. Dalam konteks ini, “”procurement”” mengacu pada langkah-langkah yang diambil untuk mendapatkan barang dan jasa yang diperlukan oleh perusahaan, termasuk perencanaan kebutuhan, pemilihan pemasok, dan negosiasi kontrak. Sementara itu, “”purchasing”” fokus pada tindakan aktual pembelian barang dan jasa dari pemasok yang telah dipilih. Strategi dalam pengadaan dan pembelian melibatkan perencanaan yang matang, analisis pasar, manajemen risiko, dan kolaborasi dengan pemasok untuk mencapai tujuan bisnis, seperti efisiensi biaya, kualitas produk, dan kelancaran rantai pasok.

Dalam praktiknya, Strategy Procurement & Purchasing membantu organisasi untuk lebih cerdas dan efektif dalam memenuhi kebutuhan operasional. Dengan memahami pasar, mengidentifikasi pemasok yang andal, dan mengembangkan strategi yang tepat, organisasi dapat memaksimalkan nilai dari setiap pengeluaran, mengurangi risiko ketidakpastian pasokan, dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Ini melibatkan perpaduan antara pengetahuan tentang pasar, kemampuan analitis, keterampilan negosiasi, dan pemahaman tentang peran penting yang dimainkan oleh pengadaan dan pembelian dalam mencapai tujuan bisnis secara keseluruhan.

Siapa Yang Akan Menjadi Pembicara Pada Pelatihan ini?

Instruktur yang mengajar pelatihan Strategy Procurement & Purchasing ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Strategy Procurement & Purchasing baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Materi Pelatihan Apa Yang Akan Didapatkan?

  • Pengenalan kepada Strategy Procurement & Purchasing
  • Definisi dan pentingnya strategi dalam pengadaan dan pembelian
    Hubungan antara pengadaan, pembelian, dan keseluruhan rantai pasok
    Analisis Kebutuhan dan Perencanaan Pengadaan
  • Identifikasi kebutuhan organisasi
    Penentuan volume, waktu, dan jenis barang/jasa yang dibutuhkan
    Strategi persiapan untuk memastikan ketersediaan dan menghindari kelangkaan
    Seleksi dan Evaluasi Pemasok
  • Metode penilaian pemasok
    Pemilihan pemasok berdasarkan kriteria kualitas, harga, dan keandalan
    Mengukur kinerja pemasok secara berkelanjutan
    Negosiasi Kontrak dan Kesepakatan
  • Teknik negosiasi yang efektif
    Penyusunan kontrak yang jelas dan menguntungkan
    Manajemen kontrak untuk memastikan kepatuhan dan peningkatan hubungan dengan pemasok
    Manajemen Risiko dalam Pengadaan dan Pembelian
  • Identifikasi risiko dalam rantai pasok
    Pengembangan strategi mitigasi risiko
    Respons terhadap gangguan pasokan yang tidak terduga
    Penggunaan Teknologi dalam Pengadaan
  • Peran sistem manajemen pengadaan (Procurement Management System)
    Pemanfaatan data dan analitika untuk pengambilan keputusan yang lebih baik
    Automatisasi proses pengadaan dan pembelian
    Etika dalam Pengadaan dan Pembelian
  • Praktik etis dalam berhubungan dengan pemasok
    Pencegahan konflik kepentingan dan suap
    Memastikan transparansi dan integritas dalam proses pengadaan
    Pengelolaan Hubungan dengan Pemasok
  • Kolaborasi yang kuat untuk saling menguntungkan
    Pengembangan pemasok sebagai mitra jangka panjang
    Komunikasi efektif dan berkelanjutan dengan pemasok
    Pengukuran Kinerja Pengadaan dan Pembelian
  • Pengembangan indikator kinerja yang relevan
    Pengukuran efisiensi biaya, kualitas, dan keandalan
    Peningkatan berkelanjutan melalui umpan balik dan analisis data
    Studi Kasus dan Praktik Terbaik
  • Analisis studi kasus dari berbagai industri
    Pengenalan terhadap praktik terbaik dalam pengadaan dan pembelian
    Diskusi dan simulasi untuk menerapkan konsep-konsep yang dipelajari dalam situasi nyata
    Materi-materi ini diarahkan untuk membantu peserta memahami dasar-dasar serta strategi tingkat lanjut dalam pengadaan dan pembelian yang dapat mendukung keberhasilan operasional dan pertumbuhan bisnis.

Metode Pelatihan

Presentasi

Pelatihan dengan metode Presentation untuk matrikulasi dan penyampaian materi

Diskusi

Komunikasi interaktif antara trainer dan peserta didalam kelas​

Studi Kasus

Membahas contoh permasalahan yang ada dan berbagi pengalaman

Praktek

Praktek Lapangan untuk peserta belajar dan berlatih secara mandiri

Selain Materi Pelatihan Benefit Apa Lagi Yang Akan Didapatkan

Sertifikat

Lunch

Coffee Break

USB Flasdisk

Modul

Souvenir

Transport

Jogja Dinner

Training Kit

Affrodable Investment

Lokasi Pelatihan

Berapa Investasi Jika Saya Upgrade Skill?

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket lain IN HOUSE TRAINING, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan

JADWAL PELATIHAN TAHUN 2023

Januari

18-19 / 26-27

Februari

15-16 / 23-24​

Maret

8-9 / 23-24

April

18-19 / 20-21

Mei

19-20 / 24-25

Juni

15-16 / 22-23

Juli

18-19 / 26-27

Agustus

11-12 / 24-25

September

14-15 / 21-22

Oktober

12-13 / 26-27

November

16-17 / 26-27

Desember

7-8 / 22-23