• Pegawai Perusahaan dan Manajemen Tingkat Menengah: Mereka yang terlibat dalam pengambilan keputusan strategis dan operasional di perusahaan perlu memahami bagaimana melaporkan dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi perusahaan.
  • Tim Keberlanjutan atau CSR: Tim yang ditugaskan untuk mengelola program keberlanjutan atau tanggung jawab sosial perusahaan harus memiliki pemahaman yang kuat tentang standar pelaporan keberlanjutan.
  • Akademisi dan Peneliti: Individu yang terlibat dalam penelitian terkait keberlanjutan dan dampak perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat juga dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk mengintegrasikan praktik terbaik dalam analisis mereka.
  • Pemerintah dan Regulator: Para pembuat kebijakan dan regulator perlu memahami cara perusahaan melaporkan keberlanjutan agar mereka dapat mengembangkan kerangka kerja peraturan yang lebih baik.
  • Pihak Investasi dan Pemegang Saham: Investor semakin menilai perusahaan berdasarkan kinerja keberlanjutannya. Pihak investasi dan pemegang saham perlu memahami cara membaca laporan keberlanjutan untuk mengambil keputusan investasi yang lebih baik.
  • Namun, sebenarnya siapa pun yang tertarik untuk memahami cara perusahaan melaporkan dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi mereka dapat mengambil manfaat dari pelatihan pelaporan keberlanjutan.

Berikut ini adalah Fakta Mengenai Sustainability Reporting :

“Pelatihan pelaporan keberlanjutan merupakan proses di mana individu atau kelompok belajar tentang cara mengumpulkan, menganalisis, dan mengkomunikasikan informasi terkait dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi suatu organisasi atau perusahaan. Dalam pelatihan ini, peserta akan diperkenalkan pada konsep-konsep penting dalam keberlanjutan, seperti standar pelaporan yang diterima secara internasional, metode pengukuran dampak, dan bagaimana menyusun laporan yang jelas dan transparan. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan peserta agar mampu merancang laporan keberlanjutan yang informatif dan relevan, yang dapat membantu perusahaan memahami dan mengelola dampaknya secara holistik serta memenuhi harapan para pemangku kepentingan seperti pemegang saham, pelanggan, dan masyarakat luas.

Dalam konteks pelatihan pelaporan keberlanjutan, peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang beragam aspek, termasuk strategi perusahaan berkelanjutan, pengukuran kinerja lingkungan, dampak sosial, serta kinerja ekonomi yang berkelanjutan. Mereka juga akan belajar tentang pentingnya transparansi dalam melaporkan informasi, termasuk mencantumkan tantangan dan kemajuan yang dihadapi perusahaan dalam upaya mencapai tujuan keberlanjutan. Dengan menguasai keterampilan dalam pelaporan keberlanjutan, peserta pelatihan akan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pengambilan keputusan bisnis serta membangun reputasi perusahaan sebagai entitas yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Apa manfaat mengikuti pelatihan ini?

  • Mengembangkan Pemahaman Mendalam: Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta mengenai konsep, prinsip, dan metode yang terkait dengan pelaporan keberlanjutan, sehingga mereka dapat memahami secara menyeluruh bagaimana organisasi mempengaruhi lingkungan, masyarakat, dan ekonomi.
  • Meningkatkan Kemampuan Analisis: Tujuan lainnya adalah meningkatkan kemampuan peserta dalam menganalisis data dan informasi terkait keberlanjutan, sehingga mereka dapat mengidentifikasi tren, potensi risiko, dan peluang untuk meningkatkan kinerja berkelanjutan.
  • Mengintegrasikan Praktik Terbaik: Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan praktik terbaik dalam pelaporan keberlanjutan, sehingga mereka dapat mengintegrasikan aspek-aspek keberlanjutan dalam strategi bisnis, operasi, dan pengambilan keputusan.
  • Memenuhi Permintaan Pemangku Kepentingan: Salah satu tujuan utama pelaporan keberlanjutan adalah memenuhi harapan pemangku kepentingan seperti investor, pelanggan, dan pemerintah. Pelatihan ini membantu peserta untuk menghasilkan laporan yang relevan dan transparan sesuai dengan harapan mereka.
  • Membangun Reputasi Berkelanjutan: Dengan memahami bagaimana melaporkan dampak sosial dan lingkungan secara akurat, organisasi dapat membangun reputasi sebagai pemain yang bertanggung jawab dan berkelanjutan dalam jangka panjang. Tujuan pelatihan adalah membantu peserta mengambil langkah-langkah ini untuk memperkuat citra perusahaan di mata masyarakat.

Berita Baiknya adalah:

“Pelaporan keberlanjutan adalah proses di mana organisasi atau perusahaan menyampaikan informasi mengenai dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi yang dihasilkan oleh operasi dan aktivitas mereka kepada pemangku kepentingan. Laporan ini memberikan gambaran komprehensif tentang bagaimana organisasi berkontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dan bagaimana mereka mengatasi tantangan keberlanjutan. Laporan keberlanjutan berfungsi sebagai alat komunikasi yang transparan, memungkinkan perusahaan untuk menunjukkan pencapaian, komitmen, dan upaya mereka dalam mengelola aspek-aspek keberlanjutan, serta mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Melalui pelaporan keberlanjutan, organisasi dapat berbagi informasi tentang kebijakan lingkungan, praktik sosial, tata kelola perusahaan, dan dampak ekonomi, sehingga memberikan wawasan kepada pemangku kepentingan tentang dampak positif dan upaya perbaikan yang sedang dijalankan.

Siapa Yang Akan Menjadi Pembicara Pada Pelatihan ini?

Instruktur yang mengajar pelatihan Sustainability Reporting ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Sustainability Reporting baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Materi Pelatihan Apa Yang Akan Didapatkan?

  • Pengenalan Keberlanjutan dan Pelaporan
  • Definisi dan arti penting keberlanjutan dalam konteks bisnis.
    Mengapa pelaporan keberlanjutan diperlukan: manfaat dan tujuan.
    Prinsip-prinsip Pelaporan Keberlanjutan
  • Pilar-pilar utama keberlanjutan: sosial, lingkungan, ekonomi.
    Prinsip-prinsip GRI (Global Reporting Initiative) sebagai kerangka acuan pelaporan.
    Standar dan Panduan Pelaporan
  • Penjelasan tentang standar pelaporan yang diakui secara internasional, seperti GRI Standards, SASB, dan Integrated Reporting.
    Panduan langkah demi langkah dalam menyusun laporan keberlanjutan yang efektif.
    Pengumpulan dan Analisis Data Keberlanjutan
  • Identifikasi data kunci yang perlu dikumpulkan untuk melacak dampak keberlanjutan.
    Teknik analisis data untuk mengukur kinerja sosial, lingkungan, dan ekonomi.
    Integrasi Keberlanjutan dalam Strategi Bisnis
  • Bagaimana mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam perencanaan strategis perusahaan.
    Menjembatani kesenjangan antara tujuan keberlanjutan dan tujuan bisnis.
    Komunikasi dan Transparansi
  • Membangun laporan yang transparan dan mudah dimengerti oleh berbagai pemangku kepentingan.
    Cara efektif mengomunikasikan informasi keberlanjutan kepada pemegang saham dan masyarakat.
    Stakeholder Engagement
  • Pentingnya melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam proses pelaporan.
    Cara memahami harapan dan kebutuhan pemangku kepentingan dalam laporan.
    Tantangan dan Peluang dalam Pelaporan Keberlanjutan
  • Tantangan umum yang dihadapi dalam mengumpulkan dan melaporkan data keberlanjutan.
    Peluang untuk inovasi dan peningkatan berkelanjutan melalui pelaporan.
    Studi Kasus dan Praktik Terbaik
  • Pemaparan contoh nyata laporan keberlanjutan dari berbagai industri.
    Bagaimana organisasi lain berhasil mengintegrasikan keberlanjutan dalam operasi mereka.
    Latihan Praktis dan Penilaian
  • Latihan dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun informasi keberlanjutan.
    Penilaian untuk mengukur pemahaman dan kemampuan peserta dalam pelaporan keberlanjutan.

Metode Pelatihan

Presentasi

Pelatihan dengan metode Presentation untuk matrikulasi dan penyampaian materi

Diskusi

Komunikasi interaktif antara trainer dan peserta didalam kelas​

Studi Kasus

Membahas contoh permasalahan yang ada dan berbagi pengalaman

Praktek

Praktek Lapangan untuk peserta belajar dan berlatih secara mandiri

Selain Materi Pelatihan Benefit Apa Lagi Yang Akan Didapatkan

Sertifikat

Lunch

Coffee Break

USB Flasdisk

Modul

Souvenir

Transport

Jogja Dinner

Training Kit

Affrodable Investment

Lokasi Pelatihan

Berapa Investasi Jika Saya Upgrade Skill?

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket lain IN HOUSE TRAINING, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan

JADWAL PELATIHAN TAHUN 2023

Januari

18-19 / 26-27

Februari

15-16 / 23-24​

Maret

8-9 / 23-24

April

18-19 / 20-21

Mei

19-20 / 24-25

Juni

15-16 / 22-23

Juli

18-19 / 26-27

Agustus

11-12 / 24-25

September

14-15 / 21-22

Oktober

12-13 / 26-27

November

16-17 / 26-27

Desember

7-8 / 22-23